Selasa, 23 September 2014

Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium

Biasanya orang-orang langsung berpikir bunga pemakaman. Karena bunga kamboja sering kita temui di pemakaman. Terus nama Kamboja Jepang, seolah-olah bunga ini berasal dari negara Jepan padahal sebenernya bunga ini berasal dari Asia Barat dan Afrika. Diberi nama Adenium karena merupakan salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden yang merupakan ibukota Yaman.Daun adenium ada berbagai ragam, bentuk lonjong, runcing, kecil dan besar, serta ada yang berbulu halus, ada pula yang tanpa bulu. Sedangkan bunga adenium berbentuk seperti terompet, berkelopak 5, dengan aneka ragam warna sesuai dengan jenis (varietasnya) masing-masing. Sekarang sudah dikembangkan kelopak bunga yang bersusun dan hasilnya sudah baik bahkan kelopak bunganya ada yang menyerupai susunan bunga mawar.

Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium

Ada beberapa Jenis Bunga Kamboja atau Adenium, yaitu :
1. Adenium Windmill
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Windmill
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Windmill
Bunga ini mempunyai jenis daun yang agak panjang, runcing dan berwarna hijau tua, berbulu. Jenis ini rajin berbunga dengan kelopak berwarna merah muda dan ada semburar putih ditengah petalnya. Pertumbuhannya sedang.
2. Adenium Swazicum
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Swazicum
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Swazicum
Bunga ini memiliki dua jenis warna daun yaitu hijau tua dan hijau muda. Bunga ini memiliki bentuk bunga seperti bintang dan terdapat bulu-bulu halus di setiap daun dibagian bawah.
3. Adenium Waterfall
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Waterfall
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Waterfall
Bunga ini pertumbuhannya sedang. Bentuk daun agak membulat dan berbulu. Warna bunga ini unik. Warna merah tua dengan bercak putih.
4. Adenium Obesum
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Obesum
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Obesum
Adalah Semak Afrika Selatan memiliki batang besar dan bunga berwarna merah muda dan putih daunnya kelihatan mencolok. Populer sebagai tanaman hias di daerah tropis. Variasi tulang daunnya banyak mulai dari yang kasar sampai dengan yang sangat tipis, bunga adenium jenis obesum berbentuk seperti bintang dan mempunyai warna merah yang pekat, walau ada beberapa jenis bunga adenium ini yang mempunyai warna sedikit pudar, dan merupakan jenis adenium yang paling sering berbunga. sehingga menambah pesonanya.

5. Adenium Multiflorum
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Multiflorum
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Multiflorum
Bunga Adenium jenis ini ditemukan di Afrika bagian selatan di sisi timur, seperti Mozambik dan Afrika Selatan bagian Timur. Tumbuh tinggi dan bercabang dengan daun yang lebar. Bonggolnya tidak membesar, tapi mempunyai batang dan akar yang membesar. Mempunyai masa dorman yang cukup panjang, saat masa itulah jenis ini akan berbunga dengan tanpa daun. Bunga ini berwarna putih dengan garis merah dipinggirnya. Bunga ini sangat cantik.
6. Adenium White Knight
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium White Knight
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium White Knight
Bentuk daunnya berwarna hijau tua dan tidak berbulu. Rajin berbunga dan berwarna putih bersih. Pertumbuhannya bunga kamboja jenis ini sangat cepat.
7. Adenium Boehmianum
Jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Boehmianum
Jenis-jenis Bunga Kamboja atau Adenium-Adenium Boehmianum
Bunga jenis ini berasal dari Namibia dan Angola. Bunga ini bercabang banyak. Bunga jenis ini merupakan jenis kamboja yang paling besar. Masa tumbuh bunga kamboja jenis ini sangat pendek.
Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium tidak membutuhkan banyak air karena akarnya sudah menyimpan banyak air. Bunga ini juga tidak boleh kelebihan atau kekurangan air karena akan dapat membuat akar menjadi busuk. Bunga ini sangat membutuhkan sinar matahari.
Untuk mengetahui apakah Jenis-Jenis Bunga Kamboja atau Adenium sudah cukup air, apabila air sudah keluar dari bawah pot itu menandakan air sudah penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar