Kamis, 18 September 2014

Teknik budidaya bunga bougenville

Tidak sulit mencari tanaman bunga bougenville di sekitar Anda, karena tanaman satu ini cukup akrab dengan kehidupan manusia. Tanaman berbunga cerah dan rimbun ini biasa menjadi tanaman hias di pekarangan rumah. Karena demikian populer, tidak sulit pula bagi Anda untuk menemukan bibit bunga bougenville di pedagang tanaman di kota Anda.

bibit-bougenville-1 

Tapi bila di rumah Anda sudah berdiri sebuah pohon bougenville dengan usia matang, tidak ada salahnya membuat sendiri bibit bunga bougenville dari indukan milik Anda sendiri. Siapa tahu cara ini justru menjadi kesempatan bisnis kecil-kecilan bagi Anda.

Tanaman yang konon berasal dari Amerika Latin ini termasuk jenis tanaman yang mudah dalam pemeliharaan dan budidaya. Bahkan saking mudahnya, Anda bisa berkreasi dengan beragam jenis tanaman bunga bougenville hingga mendapatkan bibit bunga bougenville dengan aneka warna, bentuk bunga dan daun.
Sebagaimana Anda tahu, bunga bougenville memiliki banyak ragam warna bunga. Aneka warna seperti merah, pink, orange, ungu dan putih tersedia dari jenis bunga bougenville. Uniknya karena sifat tanaman ini yang mudah dalam pembiakan dan perawatan, Anda bisa menggabungkan semua warna tadi dalam satu buah pohon, bahkan membuat bibit bunga bougenvile dengan bunga beragam warna.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara membuat bibit bunga bougenville dengan aneka warna bunga tersebut.

1. Siapkan batang utama untuk bibit bunga bougenvile. Pilihlah tangkai dengan ukuran tepat dari indukan yang sudah matang usia. Indukan matang bisa Anda lihat dari batangnya yang bersayat, berliuk dan memiliki bercak-bercak. Bersihkan tangkai yang Anda pilih agar daun dan rantingnya tidak terlalu rimbun. Ada dua cara paling umum dalam membuat bibit bunga bougenville pada bagian batang bawahnya.

a. Kupas tangkai ini hingga lapisan kambium secara melingkar dengan ukuran panjang sekitar 10 cc untuk membuat bibit cangkokan. Kemudian bungkus dengan humus lembab dan bungkus kembali dengan plastik. Diamkan selama 3 minggu untuk mendapatkan akar muda pada cangkokan tersebut.
Untuk mempercepat Anda bisa gunakan pupuk ZPT. Hasil cangkokan bisa Anda tanamkan pada media tanam berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Biarkan hingga tangkai tadi bertunas, baru kemudian jadikan tangkai ini sebagai batang bawah dan tunas ini sebagai cikal bakal tangkai baru.

b. Potong tangkai secara miring tajam. Siapkan media tanam berupa gabungan tanah gembur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian masukan dalam pot berukuran kedalaman 30 cm. Masukan batang stek sedalam 10 cm ke dalam adonan tanah, dengan bagian runcing menghadap dalam.
Sertakan pupuk ZPT untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Pasang ajir bambu untuk menjaganya tetap tegak dan simpan di tempat yang teduh dan kering, tetapi mendapat pancaran teduh dari sinar matahari pagi selama 2 jam. Pada hari ke 10 biasanya sudah muncul tunas dan akar muda.

2. Tunas-tunas pada bibit bagian bawah inilah yang kemudian nantinya Anda sambung dengan tangkai-tangkai muda dari jenis bougenville aneka warna. Caranya dengan memotong miring pucuk tunas muda dari pohon-pohon bougenville aneka warna. Kemudian sambungkan dengan tunas muda pada batang bawah tadi, pastikan sambungan cukup tepat dan tidak longgar.
Ikat dengan erat dan tutup dengan plastik basah. Ganti plastik setiap 4 hari selama sekitar 15 hari. Pada akhirnya sambungan ini akan kokoh dan mengeras. Pada saat inilah Anda bisa melepas plastik pada sambungan.

3. Untuk perawatan pasca penyambungan, Anda cukup mengurangi suplai air, atau menghentikan sama sekali suplai air selama beberapa hari, hingga daun-daun mengering lebih cepat. Daun mengering ini biasanya dalam 3 -4 hari saja sudah rontok. Sisa dari daun-daun rontok inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal dari pembentukan bunga.
Setelah daun berontokan, Anda bisa siram kembali pohon bougenville. Air inilah yang akan menjadi pemancing tumbuhnya bunga. Karenanya siramlah air hingga tanah sekitar jenuh, karena ini akan memaksimalkan kerimbunan bunga.

4. Bunga Bougenville juga membutuhkan suplai sinar matahari dengan intensitas tinggi untuk mempermudah proses fotosintesis. Karenanya sebaiknya Anda letakan tanaman bunga bougenville ini di tempat terbuka dengan akses sinar matahari secara cukup.

5. Anda bisa menata tampilan rumpun bunga bougenville dengan cara memangkasnya sesuai bentuk yang Anda inginkan. Pemangkasan secara berkala juga sangat baik untuk memunculkan bunga secara maksimal.

6. Pemupukan sebenarnya bukan sebuah keharusan, tapi bunga bougenville bisa tumbuh merumpun bila mendapat suplai yang cukup. Kecukupa pupuk akan membantu menutrisi tanaman dan mengaktifkan tanaman untuk berbunga dengan lebat.

Bagaimana, mudah bukan membuat bibit bunga bougenville. Yang penting Anda tetap menekankan ketekunan dan kesabaran, karena biasanya pekerjaan pembuatan bibit tidak bisa Anda lakukan dengan tergesa-gesa dan berantakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar